NAMA : DIO REZKY VITAMA
KELAS : 3EA26
NPM : 12213590
BAB 9 MEMPENGARUHI
SIKAP DAN PERILAKU
SUB POKOK :
1.
Dari
bujukan hingga komunikasi
2.
Teknik
modifikasi perilaku
1.Dari
bujukan hingga komunikasi
Berawal dari Stimulan yang merupakan masukan proses perilaku dibedakan atas
rangsangan pemasaran dari pemasar dan rangsangan dari lingkungan konsumen itu
sendiri. Sedangkan proses pengambilan keputusan dipengaruhi oleh faktor
personal maupun sosial konsumen. Respons perilaku konsumen dapat dijadikan
faktor yang dapat membentuk keputusan pembelian (yaitu pembelian selanjutnya)
atau tidak melakukan pembelian (menolak produk yang ditawarkan).
Rangsangan pemasaran dari pemasar yang dapat mempengaruhi
sikap dan perilaku konsumen yaitu seluruh kegiatan pemasaran yang meliputi
bujukan hingga komunikasi mengenai produk tertentu yang ditawarkan. Para
pemasar dapat melakukan kegiatan yang dapat dijadikan teknik modifikasi
perilaku konsumen. Berbagai teknik modifikasi yang dapat mempengaruhi sikap dan
perilaku konsumen adalah melalui beberapa aspek pemasaran yang meliputi aspek
produk, aspek harga, dan aspek promosi.
2.
Teknik modifikasi perilaku
Modifikasi perilaku menunjuk kepada teknik mengubah perilaku, seperti mengubah
perilaku dan reaksi seseorang terhadap suatu stimulus melalui penguatan
perilaku adaptif dan/atau penghilangan perilaku maladaptif melalui hukuman.
Istilah ini pertama kali digunakan oleh Edward Thorndike pada tahun 1911 dalam
artikelnya Provisional laws of acquired behavior or learning.
Eksperimen psikologi klinis menggunakan istilah modifikasi perilaku untuk
merujuk pada teknik psikoterapi khususnya untuk meningkatkan perilaku adaptif
dan menghilangkan yang maladaptif. Dua istilah lain yang berhubungan adalah
terapi perilaku dan analisis perilaku. Dalam hal ini, beberapa penulis,
menganggap bahwa modifikasi perilaku cakupannya lebih luas.
No comments:
Post a Comment